Publik Apresiasi PPN Gencarkan Program Pantau SPBU: Kerja Nyata Beri Pelayanan Terbaik ke Rakyat


 JAKARTA,- Pengamat kebijakan pemerintahan dan politik nasional, Nasky Putra Tandjung memberikan apresiasi tinggi kepada Direktur Utama Pertamina Patra Niaga, Mars Ega Legowo Putra, turun langsung ke lapangan dalam kegiatan pantau Bareng SPBU. Menurutnya, Aksi nyata Dirut Pertamina Patra Niaga mencerminkan kerja nyata, respon cepat dalam memastikan standar pelayanan pelanggan di SPBU terus terjaga dengan maksimal dan lancar.


"Oleh karena itu sebagai bagian dari masyarakat sipil (civil society), Kami memberikan apresiasi setinggi-tinggi dan mendukung penuh langkah nyata kinerja dan dedikasi Direktur Utama Pertamina Patra Niaga, Mars Ega Legowo Putra yang turun langsung ke lapangan mengawasi dan memastikan pelayanan SPBU kepada masyarakat berjalan sesuai prosedur dan mekanisme yang ada," ujar Nasky dalam keterangannya, pada Minggu, di Jakarta (19/10/2025).


Alumnus indef school of political economy, Jakarta menilai, Aksi nyata Dirut Pertamina Patra Niaga beserta jajarannya ini merupakan bagian dari menjaga mutu produk, kualitas pelayanan, serta kenyamanan fasilitas di seluruh SPBU Pertamina kepada masyarakat.


"Disamping itu, Founder Nasky Milenial Center mendukung langkah Dirut Pertamina Patra Niaga dalam menjaga kualitas produk, aspek kebersihan dan kerapian fasilitas SPBU, mulai dari area pengisian di SPBU hingga toilet dan mushola, disebut agar publik mendapatkan pengalaman terbaik dan kenyamanan saat bertransaksi dan datang ke SPBU Pertamina," ungkap Nasky


Lebih lanjut, Nasky mendorong Pertamina seluruh SPBU di seluruh Indonesia harus melakukan pengawasan dan pengujian kualitas melalui pengecekan Quality & Quantity setiap hari, guna untuk meraih kepercayaan publik dalam pelayanan dan transaksi.


Publik, kata Nasky sangat mendukung langkah nyata Dirut Pertamina Patra Niaga dalam memastikan bahwa setiap pelanggan yang datang ke SPBU Pertamina merasakan pelayanan yang ramah dan nyaman. "Kualitas BBM harus terjamin, fasilitas harus bersih dan nyaman, serta petugas operator di lapangan harus siap memberikan layanan terbaik,” tegas Nasky.


Sementara itu, Nasky mengatakan, Langkah Pertamina Patra Niaga yang melaksanakan pengecekan menyeluruh terhadap sejumlah Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU), meliputi seluruh SPBU yang dikelola Pertamina maupun SPBU yang dikelola mitra swasta di seluruh Indonesia patut diapresiasi dan didukung penuh oleh semua elemen masyarakat.


"Langkah nyata yang dilakukan Pertamina Patra Niaga dinilai efektif, terukur dan mencerminkan untuk menjaga konsistensi pelayanan BBM di SPBU kepada masyarakat," katanya.


"Pentingnya konsistensi kinerja Pertamina Patra Niaga di luar momentum seremonial. Publik berharap semangat pengabdian yang ditunjukkan Dirut Pertamina Patra Niaga beserta jajarannya dapat terus berlanjut dalam keseharian, terutama dalam memberikan pelayanan publik yang humanis, transparan dan merakyat," lanjut Nasky.


Konsistensi adalah kunci. Kami berharap Pertamina Patra Niaga, khususnya Patra Niaga, terus menjaga pelayanan publik yang prima, sehingga masyarakat merasakan kehadiran Pertamina Patra Niaga bukan sebagai kekuasaan, tetapi sebagai pelayanan publik yang baik dan merakyat" tambahnya.


Lebih jauh lagi, Nasky memandang bahwa kegiatan pengecekkan ini merupakan bagian dari program evaluasi berkala yang dilakukan Pertamina Patra Niaga di seluruh jaringan SPBU, baik yang dikelola langsung oleh Pertamina maupun oleh mitra swasta.


“Hasil asesmen akan menjadi dasar bagi perbaikan berkelanjutan agar setiap titik layanan mampu memberikan energi yang tepat, aman, dan terpercaya bagi masyarakat,” pungkasnya.


Menurutnya, Pengecekkan lapangan tersebut merupakan wujud nyata komitmen perusahaan dalam menjaga mutu dan kredibilitas layanan energi nasional. 


“SPBU adalah wajah Pertamina Patra Niaga di mata publik. Melalui pengecekkan bersama lembaga independen, kami memastikan setiap titik layanan beroperasi dengan prinsip integritas, akurasi, dan keselamatan tinggi. Kami ingin memastikan SPBU Pertamina selalu menjadi tempat yang memberikan pengalaman terbaik bagi pelanggan,” jelanya.


Oleh karena itu, Menurut Nasky, kehadiran pimpinan Dirut Pertamina Patra Niaga di lapangan sekaligus menjadi pesan moral bahwa kenyamanan, jaminan kuatlitas mutu dan kepercayaan publik adalah prioritas utama," sambungnya.


Apa yang dilakukan Direktur Utama Pertamina Patra Niaga, Mars Ega Legowo Putra, turun langsung ke lapangan dalam kegiatan Pantau Bareng SPBU merupakan bentuk kepemimpinan yang patut diapresiasi. Beliau tidak hanya memberi instruksi dari balik meja, tetapi memilih hadir langsung di lapangan, bersama anggotanya, memastikan konsumen merasakan kenyamanan, kualitas dan pelayanan saat di seluruh SPBU. "Ini mencerminkan teladan role model nyata bagi aparat negara dan masyarakat," tutur Nasky.


Ketika pimpinan tertinggi Pertamina Patra Niaga saja mau turun langsung, itu artinya pesan disiplin dan kenyamanan betul-betul ditekankan. Publik melihat ini bukan hanya simbol, tetapi langkah konkret bagaimana Pertamina Patra Niaga menempatkan publik sebagai pusat pelayanan," ucapnya.


SPBU untuk dapat ditunjukkan kepada konsumen sebagai bentuk transparansi kualitas bahan bakar yang mereka terima setiap hari,” ujar Mars Ega.


‎Kemudian, kata dia, Ia juga menyoroti informasi yang tak berimbang yang dilontarkan pihak tertentu, Menurutnya informasi digabungkan dengan informasi yang tidak berkaitan dengan inti permasalahan. Tujuannya, sambungnya, agar publik mengikuti atau mengamini kemauan aktor pembuat framing.


‎Oleh sebab itu, kata Nasky, pemberitaan tanpa disertai data dan bukti yang kredibel dan autentik adalah sebuah bentuk penghakiman sepihak. Di sisi lain, Ia meminta untuk menghentikan narasi sesat dan framing jahat terhadap kinerja Dirut Pertamina Patra Niaga beserta jajaran.


‎“Lebih lanjut, Ia melihat narasi yang dibangun sangat tendensius, tak objektif dan konstruktif. Ia menduga ada pihak tertentu yang bertujuan ingin merusak citra positif, profesionalitas, dan integritas Dirut Pertamina Patra Niaga sebagai pelayan rakyat dan pejabat publik.


‎“Stop narasi sesat dan framing jahat untuk mendiskreditkan siapa pun. Kegaduhan akibat pembelokan fakta sangat merugikan masyarakat. Hanya kecurigaan dan sesat pikir atau salah tuduh yang akan diperoleh, alih-alih mendapatkan kebenaran serta keadilan,” tuturnya.


‎Maka dari itu, ia mengajak seluruh elemen masyarakat jangan mudah terprovokasi atas penggiringan opini dan informasi yang belum jelas data dan bukti otentiknya.

‎“ Kritikan dan saran yang disampaikan oleh elemen masyarakat suatu hal yang wajar, ini merupakan cerminan dari kedewasaan berpolitik dan berdemokrasi di Indonesia. Untuk itu, mari sama-sama kita jaga persatuan dan kesatuan sesama anak bangsa dengan menjunjung tinggi nilai-nilai demokrasi,” pungkasnya.


Terakhir, Kami menyambut baik dan positif atas langkah-langkah ini merupakan bagian dari upaya Pertamina Patra Niaga untuk terus meningkatkan standar pelayanan dan menjaga kepercayaan masyarakat. 


Publik juga mengucapkan terima pada Direktur Utama Pertamina Patra Niaga, Mars Ega Legowo Putra yang tak anti kritik, terbuka atas masukan, saran dan evaluasi yang disampaikan publik untuk perbaikan sebagai bahan layanan Pertamina kepada masyarakat. Ini merupakan bentuk kepedulian publik kepada kami selaku BUMN untuk terus introspeksi dan berbenah lebih baik,”tuturnya.


Di akhir keterangannya, Nasky mengajak seluruh elemen bangsa untuk meneladani semangat pengabdian yang ditunjukkan Dirut Pertamina Patra Niaga beserta jajarannya. Ia menegaskan bahwa hanya dengan kebersamaan dan kedisiplinan, cita-cita kemajuan bisa diwujudkan.


"Pertamina Patra Niaga sudah memberikan contoh. Sekarang tinggal bagaimana kita sebagai warga bangsa ikut menjaga keteraturan dan kenyamanan bersama. Semangat patriotisme harus diwujudkan dalam bentuk persatuan, disiplin, dan gotong royong," tutupnya.(andry)


Posting Komentar

0 Komentar